Sunday 11 September 2016

Contoh PKM-P (Penelitian)




PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA

KAJIAN PEMBUATAN PIKEL (ASIN) AKAR LOTUS (Nelumbo nucifera) DALAM KEMASAN UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL SUMBER DAYA ALAM LOKAL

Bidang Kegiatan:
PKM-Penelitian

Diusulkan Oleh:
Reski Pratama                    ( E1G011003 tahun angkatan 2011 )
Arrofath Munawar            (E1G013044 tahun angkatan 2013 )
Rahmadani                        ( E1J011010 tahun angkatan 2011 )
Tanaka L. A. Arpan           ( E1J012055 tahun angkatan 2012 )




UNIVERSITAS BENGKULU
BENGKULU
2014


PENGESAHAN USULAN PKM PENELITIAN EKSAKTA


1.      Judul Kegiatan                                      : Kajian Pembuatan Pikel Asin Akar
Lotus(Nelumbo nucifera) Dalam Kemasan Untuk Meningkatkan Nilai Jual Sumber Daya Alam Lokal.
2.      Bidang Kegiatan                                   : PKM-P                      
3.      Ketua Pelakasana Kegiatan
a. Nama Lengkap                                   : Reski Pratama
b. NPM                                                   : E1G011003
c. Jurusan                                                : S1 Teknologi Pertanian
d. Universitas / Institut / Politeknik       : Universitas Bengkulu
e. Alamat Rumah dan No.Telp. / HP      : Jln. W.R. Supratman KandangLimun, Bengkulu / 089630028042
f. Alamat Email                                      : rhe_skypratama@yahoo.com
4.      Anggota Pelaksana Kegiatan               : 3orang
5.      Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar                   : Yessy Rosalina. STP. M,Si   
b. NIDN                                                  : 0008048102
c. Alamat Rumah dan No.Telp. / HP     : Jl.WR.Supratman, Perumnas UNIB, Kota  Bengkulu, telp.-, hp. 081373789297
6.      Biaya Kegiatan Total
a. Dikti                                                    : Rp.7.920.000,00
7.      Jangka Waktu Pelaksanaan                : 5 Bulan

 

 

DAFTAR ISI



 

RINGKASAN


Kesehatan merupakan salah satu faktor yang sangat penting oleh masyarakat. Oleh karena itu dengan semakin berkembangnya zaman dan potensi pasar di Indonesia, Masyarakat dewasa ini banyak sekali memanfaatkan tumbuhan – tumbuhan herbal dan tanaman berkhasiat untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan memproduksi akar lotus atau rimpang teratai (Nelumbo nucifera). Akar teratai adalah tanaman air berkhasiat yang tumbuh  di lumpur pada kolam yang dangkal, laguna, rawa-rawa dan ladang yang basah.Banyak sekali kandungan bermanfaat pada akar lotus ini seperti; Asparagine, pati, niasin, dll. Akar teratai ini bnyak sekali dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia berketurunan Mandarin, akan tetapi umur simpan akar teratai ini tidaklah lama sehingga cepat mengalami browning dan kerusakan. Pada penelitian kali ini kami akan mencoba menambah umur simpan akar teratai dengan metode penyimpanan pikel asin. Metode  tersebut dipilih karena cukup mudah mengaplikasikannya dan tidak rumit untuk dicoba masyarakat luas. Ada 4 tahap dalam penelitian ini, yaitu perlakuan awal menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor pengamatan yaitu konsentrasi dan waktu perendaman, Pembuatan Pikel asin, uji organoleptik dan mengetahui tingkat kesukaan konsumen.Parameter yang diukur pada pikel akar lotus berdasarkan SNI Pikel Buah dan Sayur meliputi sifat fisik (tekstur dan warna), sifat kimia (pH dan total asam) dan daya terima konsumen.
Dengan adanya penelitian ini, diharapkan adanya akar teratai yang dihasilkan memiliki kuantitas serta kualitas terbaik yang memiliki umur simpan yang lebih tahan lama dan disukai konsumen.

Kata kunci : Akar teratai, Akar lotus, Nelumbo nucifera, tanaman air berkhasisat, pikel asin.

 

BAB 1. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Keinginan manusia untuk hidup sehat terkadang menyebabkan kita untuk mengkonsumsi makanan yang berkualitas, sehat dan harganya cukup menguras kantong.Seperti halnya akar lotus yang kebanyakan orang menyebutnya sebagai umbi teratai yang memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh dan biasa di gunakan dalam berbagai hidangan kuliner.Lotus (Nelumbo nucifera) adalah tanaman air abadi ditanam sebagai tanaman hias yang menghasilkan akar yang sangat populer sebagai sayur dan diperkirakan memiliki beberapa sifat obat (Ono, 2006).Banyak sekali kandungan akar lotus yang sangat bermanfaat bagi kesehatan sepertikandungan zat tannic dan asparagine yang terdapat pada akar lotus ini. Melihat dari dua kandungan tersebut, akar lotus sangat baik untuk dimasukan pada makanan diet (Zeladmin, 2012). Selain memiliki banyak manfaat akar lotus ini juga memiliki beberapa kelemahan yaitu, akar ini tidak dapat hidup lebih dari 20 hari pada suhu ruang (Tian, 2006) antara 37oC, suhuyang lebih rendah dapat menyebabkan kerusakan dan membuat memar pada permukaan (Tian, 2006a). Kelemahan lainnya terdapat pada aktivitas enzim pada akar lotus yang dapat mempercepat konsekuen daging – browing (Xin, 2002) dan degradasi gula (Xiong,2009). Dalam upaya peningkatan nilai tambah komoditas pertanian dan juga memperpanjang umur simpan produk, pengolahan akar lotus menjadi pikel dapat dijadikan salah satu alternatif pilihan. Pikel adalah hasil pengolahan buah atau sayuran dengan menggunakan garam dan diawetkan dengan asam, dengan atau tanpa penambahan gula dan rempah-rempah sebagai bumbu (Vaughn, 1982). Pengolahan bahan nabati (sayur, buah dan umbi) menjadi produk pikel dapat memberikan nilai tambah ekonomi pada bahan nabati tersebut. Selain itu, daya tahan simpan bahan nabati menjadi lebih lama,.

1.2 Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah :
1.        Belum didapatkan perlakuan terbaik dalam pembuatan pikel asin akar lotus dalam kemasan.
2.        Belum diketahui perubahan mutu pikel akar lotus dalam kemasan selama penyimpanan.

1.3 Tujuan Khusus

Tujuan dari penelitian ini adalah :
1.        Mendapatkan perlakuan terbaik dalam pembuatan pikel akar lotus dalam kemasan.
2.        Mengetahui perubahan mutu pikel akar lotus dalam kemasan selama penyimpanan.

1.4Urgensi Penelitian

Adapun Urgensi dalam penelitian ini :
1.        Bahan kemasan yang digunakan adalah LDPE.
2.        Penyimpanan dilakukan selama 2 bulan pada suhu kamar.
3.        Mutu yang diamati adalah mutu fisik.

1.5 Target Penelitian

Target utama dalam penelitian ini adalah mendapatkan perlakuan memperpanjang umur simpan akar Lotus sehingga dapat menjadi acuan dalam mengolah dan meneliti lebih lanjut akar Lotus ini.

1.6Luaran

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan luaran antara lain :
1. Pikel akar lotus kemasan dengan daya simpan yang lebih tahan lama.
2. Referensi baru tentang pengembangan akar lotus.

1.7Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat antara lain :
1.        Memberikan informasi mengenai inovasi dalam memperpanjang umur simpan akar lotus dalam pembuatan pikel asin akar lotus.
2.        Memberikan informasi mengenai pemanfaatan akar lotus sebagai bahan yang dapat dikonsumsi.

 

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Akar Lotus

Akar lotus adalah rimpang yang terdapat di bawah air, memiliki rasa yang renyah dan  kontur tubuh yang halus. Sejak berabad-abad, rimpang lotus ini telah mendapat penghargaan tinggi di daerah oriental khususnya dalam budaya China, Jepang dan Korea (Anonim, 2013). Lotus termasuk keluarga Nymphaeaceae dan genus Nelumbo, hanya ada 2 spesies dalam genus ini: Nelumbo nucifera Gaertn didistribusikan di Asia dan Oceania dan Nelumbo lutea didistribusikan di Amerika Utara dan Selatan (Qichao & Xingyan, 2005). Ada yang menganggap bahwa lotus mungkin berasal di India. Namun, Hsu Jin, seorang ahli paleontologi mencatat gagal menemukan biji Lotus di India. Pendapat bahwa Nelumbo mungkin berasal di India ini berasal dari J. Gaertner, seorang ahli botani Eropa, yang menggambarkan tanaman secara morfologis dan menamakannya. Nama Nelumbo adalah nama tempat yang terletak di Sri Lanka, selatan India, yang mungkin menjelaskan gagasan bahwa tanaman ini berasal sana, akibatnya nama umum Indian lotus muncul (Qichao & Xingyan , 2005). Ilmuwan Jepang mempertimbangkan asal Lotus menjadi China (Xueming, 1987).Qichao &Xingyan (2005) menganggap China sebagai distribusi Lotus utama dan pusat budidaya.Sesuai dengan penelitian mereka, tanaman ini telah dikenal selama lebih dari 6000 tahun dan telah artifisial dibudidayakan selama lebih dari 3000 tahun.

2.2 Keunggulan Akar Lotus

Rimpang teratai dikonsumsi sebagai sayuran di Asia negara.Mereka digunakan sebagai makanan kesehatan karena mineral mereka konten.Butir pati berlimpah hadir di seluruh jaringan. Rimpang segar mengandung pati 31,2 %, yang menunjukkan tidak ada rasa atau bau khas. Pengikatan dan disintegrasi sifat terisolasi Nelumbo pati telah dibandingkan dengan jagung dan tepung kentang; Pati Nelumbo ditemukan menjadi unggul sebagai adjuvant dalam penyusunan tablet.Telah dilaporkan bahwa 50 % (v/v) alkohol diperlukan untuk ekstraksi maksimum konstituen (Mukherjee, 1995).Ekstrak metanol rimpang telah ditemukan memiliki triterpenoid steroid-asam Betulinic (Mukherjee, 1997). Rimpang segar mengandung 83,80 % air, 0,11 % lemak, 1,56 % gula, 0,41% sukrosa, 2,70 % protein kasar, 9,25 % pati, 0,80 % serat, l.10 % abu dan 0,06 % kalsium. Vitamin thiamine (0,22 mg/100 g), riboflavin (0,6 mg/100 g), niasin (2,10 mg/100 g) dan asam askorbat (1,5 mg/100 g) dan asam amino asparagin seperti (2 %) juga hadir dalam rimpang. Isi oksalat rimpang ditemukan menjadi 84,3 mg/100 g (Mukherjee,1996). Rimpang juga biasa digunakan sebagai demulcents untuk wasir dan bermanfaat dalam disentri, dispepsia kronis, dan memiliki nutrisi serta diuretic (Kirtikar, 1975).Untuk aktivitas antipiretik akar lotus memiliki standar yang sebanding dengan paracetamol obat antipiretik (Mukherjee, 1996).

2.3 Kelemahan Akar Lotus

Akar lotus ini juga memiliki beberapa kelemahan dan kelemahan terebut sangat berkaitan nilai kualitas. Di Jepang, rimpang kualitas pasar harus memenuhi warna, ukuran dan daging,adapunkarakteristikakar lotus sebagai berikut ( Nguyen , 1999) :
1.    Warna kulit putih susu .
2. Tiga segmen rimpang harus memiliki diameter lebih besar dari 4 cm.
3. Konsentrasi air daging tinggi.
4. Tekstur lembut dan renyah.
Nguyen (2001a) merekomendasikan penggunaan kotak Styrofoam dengan tutup sealable untuk mempertahankan kelembaban tinggi dan menghindari memar dan menyarankan potensi penggunaan kemasan atmosfer termodifikasi. Tian et al (2006a) melaporkan rak - hidup 20 hari di bawah suhu ruang.Dalam penelitian terbaru, Tian dan rekan-rekannya (2006a) mencoba bahan yang berbeda untuk memperpanjang kehidupan rak- rimpang.Dengan menyimpan akar di 5oC storage kehidupan dipertahankan selama 45 hari. Temperatur yang tinggi ( > 15C ) mempercepat perkembangan penyakit (Pseudomonas, Botrytis dan Colletotrichum), penurunan berat badan dan rimpang dormansi mengakibatkan peningkatan degradasi karbohidrat (Nguyen,2001a).Rimpang adalah makanan yang digunakan secara luas di Cina dan Jepangyang dijual utuh atau potongan  yangdipotong segar, beku, atau kalengan. Rimpang konsumsi di Jepang mewakili sekitar 1 % dari semua sayuran yang dikonsumsi setiap tahunnya.Meskipun tumbuh sendiri, Jepang masih harus mengimpor 18.000 ton Lotus rimpang setiap tahun, dimana Cina menyediakan 15.000 ton (Dharmananda, 2002). Pada tahun 1995, Jepang mengimpor 1.347 ton segar dan 14.887 ton asin Lotus rimpang (Nguyen dan Hicks, 2004).
Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2001 diidentifikasi hanya 2 produsen Lotus komersial dengan produksi 100 ton/y. Penelitian yang sama memperkirakan permintaan domestik potensi 1.080 ton (Nguyen, 2001a). Dari beberapa negara di Asia, pasar Jepang tampaknya menawarkan peluang terbaik untuk ekspor.Pasarnya memproduksi 70.000 ton per tahun senilai sekitar $ 800 juta (Nguyen dan Hicks, 2004).

2.4 Alternatif Penyimpanan Pikel

            Pikel adalah sayuran yang diperam dalam larutan garam.Pikel sebagian besar dibuat dari ketimun dan beberapa dibuat dari terong, semangka atau sayur lainnya. Produk lain sejenis pikel adalah sauerkraut, produk yang dihasilkan dari pemeraman irisan kubis, juga dalam  Larutan garam. Faktor yang mengontrol berhasil tidaknya proses pembuatan pikel adalah kadar garam, dan suhu larutan garam atau brine. Kadar larutan garam yang paling umum dipakai dalam pemeraman pikel adalah 5 – 8 % (Koswara, 2009).
Pikel adalah sejenis makanan yang berasal dari sayuran atau buah-buahan yang rasanya asam. Rasa asam dapat berasal dari proses fermentasi atau ditambahkan dari luar dalam bentuk cuka makan atau asam cuka. Menurut Bender (2002), pikel adalah produk makanan hasil perendaman dalam larutan garam 6-10 % sehingga mengalami fermentasi asam laktat. Gula dalam bahan yang difermentasi akan diubah menjadi asam laktat dalam waktu tertentu sampai kadar asam mencapai 1 %.
Proses fermentasi sayuran dilakukan dengan penambahan garam baik berupa larutan garam maupun garam kristal, yang menyebabkan terjadinya seleksi mikroflora yang tumbuh pada media fermentasi. Diharapkan dengan kadar garam tertentu yang sesuai maka mikroflora yang tumbuh adalah jenis bakteri asam laktat yaitu Leuconostoc mesenteroides, Pediococcus acidilactici, Pseudomona pentoaceticus, Lactobacillus brevis dan Lactobacillus plantarum (Rahayu dan Slamet, 1988). Menurut Buckle (1985), pada pembuatan pikel kadang-kadang ditambahkan 1 % glukosa untuk membantu fermentasi, jika bahan yang digunakan berkadar gula rendah. Fungsi gula adalah merupakan sumber energi bagi mikroflora pada tahap adaptasi, sehingga mikroflora dapat beradaptasi secara cepat dan tumbuh dengan baik. Pembuatan pikel pada dasarnya dilakukan dengan 2 cara, yaitu fermentasi spontan (mikroba alami) dan dengan penambahan mikroba murni (kultur murni), mikroba kultur murni dapat diperoleh di laboratorium mikrobiologi(Gatot Priyanto, 1988).

 

BAB 3. METODE PENELITIAN

3.1 Waktu dan Tempat Penelitian

Penelitian dilaksanakan dari Januari – Mei 2015 di Laboratorium Teknologi Industri Pertanian dan Laboratorium Agronomi Universitas Bengkulu.

3.2 Alat dan Bahan

a.         Alat
kantong plastik, gelas jar atau stoples, pisau, pengaduk kayu/plastik, alas potong, gelas ukur, timbangan analitik, gelas piala, labu ukur, thermometer dan kertas indicator.



b.         Bahan
Bahan baku yang digunakan dalam penelitian ini adalah akar lotus atau rimpang teratai jenis Nelumbo nucifera, bahan kimia untuk pembuatan pikel : larutan garam dan asam cuka (CH3COOH), air dan aquades.

3.3 Perlakuan

Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua factorial.Factor pertama adalah waktu perendaman (W), factor kedua adalah rasio konsentrasi garam (G).factor pertama, terdiri atas tiga (3) level. Waktu perendaman 30 menit (W1), waktu perendaman 60 menit (W2) dan waktu perendaman 90 menit (W3).Factor kedua, terdiri atas dua jenis konsentrasi garam, yakni konsentrasi garam 6 % (G1) dan konsentrasi garam 10 % (G2).Berdasarkan kedua factor tersebut di peroleh 6 kombinasi perlakuan dengan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali.Dari keenam kombinasi dapat dilihat pada tabel.
Tabel 1. Rancangan Penelitian Pikel Asin Akar Lotus

W/G
G1
(konsentrasi 6 %)
G2
(konsentrasi 10%)
W1 (perendaman 30 menit)
W2 (perendaman 60 menit)
W3 (perendaman 90 menit)
W1G1
W2G1
W3G1
W1G2
W2G2
W3G2

3.4  Prosedur PercobaanPembuatan Pikel Akar Lotus dari Salt Stock

Adapun tahapan dalam Pembuatan Pikel satl stock yaitu:
1.      Pertama sortasi bahan baku, pilih bahan yang segar, tekstur keras, dan bebas dari segala bentuk cacat.
2.      Kemudian iris akar lotus dengan ketebalan 0,5cm, lalu cuci bersih
3.      Selanjutnya siapkan larutan garam 6% dan 10%.
4.      Lalu masukkanakar lotus ke dalam stoples.
5.      Tahap selanjutnya tuangkan larutan brine ke dalam stoples  yang telah diisi akar lotus. Perbandingan akar lotus dan larutan garam 1 : 2.
6.      Selanjutnya pastikan semua bahan terendam sempurna dalam larutan brine, dan isi ruang kosong di bagian atas stoples dengan plastik yang diisi brine tutup rapat stoples.
7.      Kemudian peram stoples yang telah diisi dengan didiamkan pada suhu kamar selama 3 – 6 hari.
8.      Bila pada brine terdapat endapan/lendir pisahkan endapan/lendir dengan menyaring brine, bila brine berwarna hitam ganti larutan brine dengan brine yang baru (sesuaikan konsentrasinya) yang ditambah vinegar 2%.
9.      Masukkan kembali brine ke dalam stoples, tutup rapat.
                                                                             (Koswara, 2009)

3.5  Tahapan Penelitian

3.6Parameter Pengamatan

Parameter yang diukur pada pikel akar lotus berdasarkan SNI Pikel Buah dan Sayur meliputi sifat fisik (tekstur dan warna), sifat kimia (pH dan total asam) dan daya terima konsumen.

3.7Daya Terima Konsumen

Pikel asin akar lotus akan diuji menggunakan uji hedonik (organoleptik) untuk mengetahui tanggapan masyarakat terhadap produk yang dihasilkan, dengan cara membagikan kuisioner kepada mahasiswa dan dosen di lingkungan universitas Bengkulu. Panelis yang ikut serta dalam uji ini berjumlah 30 orang.Dalam uji organoleptik ini, panelis diberi kuisioner tentang penilaian responden terhadap produk, dengan menggunakan sekala uji hedonik di transformasikan dalam skala numerik dengan angka menaik menurun tingkat kesukaan untuk warna, aroma, rasa dan tingkat kesukaan secara umum produk yang diamati.Selanjutnya data numerik yang diperoleh dianalisa statistik.Adapun skor pengujian organoleptik adalah sebagai berikut.


Tabel 2. Skor Pengujian Organoleptik
Skala
Nilai
5
4
3
2
1
Sangat suka
Suka
Netral
Tidak suka
Sangat tidak suka
Kartika dkk (1992)

3.8Analisa Data

Data yang diperoleh dari penelitian diuji dengan statistik dengan menggunakan analisa sidik ragam (ANOVA).Hasil yang diperoleh nyata dilakukan uji lanjut DMRT pada taraf signifikan 5% (Gomez dan Gomez, 1983).

BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1 Biaya

Ringkasan Anggaran Biaya :
No
Jenis Pengeluaran
Biaya ( Rp )
1
Peralatan Penunjang
1.630.000,00
2
Bahan Habis Pakai
3.285.000,00
3
Perjalanan
1.200.000,00
4
Lain-lain
1.805.000,00
Jumlah
7.920.000,00

4.2 Jadwal Kegiatan



DAFTAR PUSTAKA


Anonim. 2013. Fakta ilmiah nutrisi akar teratai dan obat maag akut. http://obatmaagcina.blogspot.com/2013/09fakta-ilmiah-nutrisi-akar-teratai-dan-obat-maag-akut. Diakse pada 8 april 2014, pukul 11.36 WIB.
Chatterjee A, Pakrashi SC.The Treatise on Indian Medicinal Plants, vol. 1. New Delhi: Publication and Information Directorate, 1991: 94–96.
Dharmananda, S. 2002. Lotus seed: Food and medicine. Institute for Traditional Medicine, Portland, Oregon. 4 pages.http://www.itmonline.org/arts/Lotus.htm.
Gaschott, T., O. Werz, A. Steinmeyer,D. Steinhilber and J. Stein. Butyrate-induced differentiation of Caco-2 cells is mediated by vitamin D receptor. Biochem.Biophys. Res. Commun. 288: 690-696, 2001.
Gatot Prianto, 1988. Teknik Pengawetan Pangan, PAU Pangan Gizi, UGM Jogjakarta.
Hanelt, P. 2001. Mansfeld’s Encyclopedia of Agricultural and Horticultural Crops.Springer, New York.
Hicks, D. and T. Haigh. 2001. Further considerations to growing Lotus water. In: Shaping the future. Access to Asian foods.Department of Natural Resources & Environment and Rural Industries Research and Development Corporation. Australia. Issue 45.
Kapti Rahayu dan Slamet,1988. Mikrobiologi Pangan, PAU pangan Gizi, UGM Jogjakarta.
Kirtikar KR, Basu BD. Indian Medicinal Plants, 2nd edn. New Delhi International Book Distributors, 1975: 116– 120.
Koswara,S. 2009. Teknologi pengolahan sayuran dan buah-buahan.eBookPangan.com.
Mukherjee PK et al. A review of Nelumbo nucifera Gaertn.Ancient Sci Life 1996; 15: 268–276.
Mukherjee PK et al. Antipyretic activity of Nelumbo nucifera rhizome extract.Ind J Exp Biol 1996; 34: 275– 276.
Mukherjee PK et al. Isolation, estimation and characterization of starch from rhizomes of Nelumbo nucifera Gaertn (Fam. Nymphaeaceae).Ind Drugs 1995; 32: 392–397.
Mukherjee PK et al. Studies on the anti-inflammatory activity of rhizomes of Nelumbo nucifera. Planta Med 1997; 63: 367–369.
Nagarajan, S., Nair A.G.R Ramkrishnan S. And Subramanian, S.S., Chemical examination of the flowers of Nelumbium speciosum willd, current science, 1966; 35(7), 176.
Nguyen, Q. 1999. Lotus A new crop for Australian horticulture. IHD: Access to Asia Newsletter (2): 1-5.http://www.nre.vic.gov.au/trade/asiaveg/nlaf-04c.htm.
Nguyen, Q. 2001a. Lotus for export to Asia: An agronomic and physiological study. RIRDC Publication number 32. 50 pages.
Nguyen, Q. and Hicks D. 2004.Lotus. In: The new crop industries. Eds. Salvin, S., M. Bourke and B. Hassalls.Department of Natural Resources & Environment and Rural Industries Research and Development Corporation. Sidney, Australia. Pages 78-84.
Ono, Y., E. Hattori, Y. Fukaya, S. Imai, and Y. Ohizumi. 2006. Anti-obesity effect of Nelumbo nucifera leaves extract in mice and rats. Journal of Ethnopharmacology 106: 238-244.
Qichao, W. and Z. Xingyan. 2005. Lotus flower cultivars in China. China Forestry Publishing House. Beijing, China. 296 pages.
Tian, D., K. Tilt, F. Woods, J. R. Kessler and J. Sibley.2006a.Postharvest longevity and quality of cooler-stored Lotus propagules. Paper submitted for publication. HortScience.9 pages.
Vaughn. 1982. Lactic Acid Fermentation of Cabbage, Cucumber, Olivers and Other Product. In Prescott and Dunns Industrial Microbiology. Fourth editions. AVI Publishing Co. Texas.
Xin, Y., L. Bi-feng, Z. Jing-yun, Z. Wei-feng. 2002. Progress in the research on post-harvest physiology and storage techniques of Nelumbo nucifera Gaertn. Guangzhou Food Science and Technology. 18: 50-53.
Xiong, L., C. Huaixing and L. Shunyi. 2000. Studies on physiological and biochemical factors of Lotus roots during storing. J. Hubei University. 22: 180-191.
Zeladmin.2012. Sejuta manfaat akar teratai untuk kesehatan.http://www.zenaplus.com/sejuta-manfaat-akar-teratai-untuk-kesehatan.  Diakses pada 8 april 2014, pukul 11.24 WIB.



Lampiran 1
BIODATA KETUA, ANGGOTA DAN DOSEN PENDAMPING

A.    Identitas Diri
1
Nama Lengkap
Reski Pratama
2
Jenis Kelamin
Laki – laki
3
Program Studi
Teknologi Industri Pertanian
4
NIM/NPM
E1G01003
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Bukittinggi, 10 januari 1993
6
E-Mail
7
Nomor Telepon/HP
089630028042

B.     Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN 20 PAGI
SMPN 97 JAKARTA
SMAN 15 JAKARTA
Jurusan
-
­-
IPA
Tahun Masuk-Lulus
1999-2005
2005-2008
2008-2011

C.    Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir
No.
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1
Staff kementrian Infokom
BEM KBM Universitas Bengkulu
2014
2
Peserta 4 Pilar Goes to Campus
MPR RI
2013
3
Juara 2 Lomba fotografi
Universitas Bengkulu
2012
4
Peserta Latihan dasar pemuda-pemudi karang taruna
RW 04 Kelurahan Utan Kayu Selatan Jakarta Timur
2009

Semua data yang saya isikan dan cantumkan dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidak sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa.
 






Bengkulu, 25September 2014
Ketua,

RESKI PRATAMA

A.    Identitas Diri
1
Nama Lengkap
Arrofath Munnawar
2
Jenis Kelamin
Laki – laki
3
Program Studi
Teknologi Industri Pertanian
4
NIM/NPM
E1G013044
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Pekik nyaring, 25 juli 1995
6
E-Mail
7
Nomor Telepon/HP
089615511156

B.     Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN 37 Pekik Nyaring
MTs Al- Hasanah
MA Al-Hasanah
Jurusan
-
-
IPS
Tahun Masuk-Lulus
2001-2007
2007-2010
2010-2013

C.    Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir
No.
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1
Ketua Panitia MUKERTA HIMATIN
Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian
2013
2
Ketua Panitia KBS HIMATIN
 Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian
2016
3
 Juara 1 Lomba KTI
 Universitas Bengkulu
 2016

Semua data yang saya isikan dan cantumkan dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidak sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa.







Bengkulu, 25September 2014
Anggota 1,


ARROFATH MUNAWAR








A.    Identitas Diri
1
Nama Lengkap
Rahmadani
2
Jenis Kelamin
Laki – laki
3
Program Studi
Agroekoteknologi
4
NIM/NPM
EJ011010
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Argamakmur, 20 Maret 1993
6
E-Mail
7
Nomor Telepon/HP
0857-6709-0594

B.     Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMA
Nama Institusi
MIN 1 Argamakmur
SMP N 1 Argamakmur
SMA N 2 Argamakmur
Jurusan
-
-
IPA
Tahun Masuk-Lulus
1999-2005
2005-2008
2008-2011

C.    Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir
No.
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1
Juara lomba nasyid
Asosiasi Nasyid Nasional
2010
2
Lomba LKTM
BEM FP KBM UNIB
2014
3




Semua data yang saya isikan dan cantumkan dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidak sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa.
 







Bengkulu, 25 September 2014
Anggota 2,


RAHMADANI








A.    Identitas Diri
1
Nama Lengkap
Tanaka Linggawan A. Arpan
2
Jenis Kelamin
Laki – laki
3
Program Studi
Agroekoteknologi
4
NIM/NPM
E1J012055
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Malang, 11Maret 1995
6
E-Mail
7
Nomor Telepon/HP
082182579762

B.     Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDNegeri45 Lubuklinggau
SMPNegeri2Lubuklinggau
SMA Negeri2Lubuklinggau
Jurusan
-
-
IPA
Tahun Masuk-Lulus
2000-2006
2006-2009
2009-2012

C.    Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir
No.
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1
Juara 1 LKTI Se-Sumatera
UKM FOSI FKIP UNIB
2012









Semua data yang saya isikan dan cantumkan dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidak sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa.







Bengkulu, 25 September 2014
Anggota 3,


TANAKA L. A. ARPAN








A.    Identitas Diri
1
Nama Lengkap (dengan gelar)
Yessy Rosalina, S.TP., M.Si.
2
Jenis Kelamin L/P
Perempuan
3
Program Studi
Teknologi Industri Pertanian
4
NIM/NIDN
0008048102
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Bengkulu, 08 April 1981
6
E-mail
7
Nomor Telepon/HP
081373789297

B.     Riwayat Pendidikan

S1
S2
Nama Institusi
Universitas Bengkulu
Institut Pertanian Bogor
Jurusan
Teknologi Industri Pertanian
Teknologi Industri Pertanian
Tahun Lulus
2003
2010

C.    Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No.
Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1
Pelatihan Pengolahan dan Manajemen Usaha Majanan (Home Industry) Oleh Pusat Studi Lemlit UNIB
Peningkatan Mutu Produk Pangan Melalui Pengendalian Proses dan Kemasan
Lemlit UNIB, 2010
2
Kegiatan Matrikulasi Mahasiswa PPA Fak. Pertanian UNIB
Gaya Belajar Efektif dan Kiat Menghadapi Ujian
FAPERTA UNIB, 2010
3
Pelatihan Teknis dan Manajerial dalam Kegiatan Pendampingan Usaha bagi Kelompok UP3HP
Pengetahuan Bahan Baku Hasil Pertanian Untuk Industri
2007

Semua data yang saya isikan dan cantumkan dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidak sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa.

Bengkulu, 25 September 2014
Dosen Pendamping,


Yessy Rosalina, S.TP., M.Si.

Lampiran 2

JUSTIFIKASI ANGGARAN KEGIATAN

1.    Peralatan Penunjang
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Keterangan
Kompor gas 2 tungku
Pemanas Sampel
1
600.000,00
600.000,00
Pisau
Alat pemotong bahan
2
15.000,00
30.000,00
Pengaduk plastik
Mengaduk
4
7.500,00
30.000,00
Sewa alat laboratorium
Mendukung proses Kegiatan PKM
2 bulan
400.000,00/bulan
800.000,00
Thermometer
Mengukur temperatur
2
30.000,00
60.000,00
Saringan
Penyaring air rendaman sampel
2
15.000,00
30.000,00
Panci
Wadah pemanas
2
40.000,00
80.000,00
SUB TOTAL (Rp)
1.630.000,00


2.    Bahan Habis Pakai
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Keterangan
Aquades
Pelarut
50 L
6.000,00/L
300.000,00
Akar teratai
Bahan Utama
20 kg
20.000,00/kg
400.000,00
Garam
Bahan Tambahan
2 kg
5.000,00/kg
10.000,00
Larutan CH3COOH
Bahan Tambahan
5 L
20.000,00
100.000,00
Uji keasaman di lab.teknologi industri pertanian unib
Pengujian sampel
18 Sampel
50.000,00
900.000,00
Kertas Indikator
Uji pH
2 kotak
50.000,00
100.000,00
Tabung gas
Bahan bakar
1
150.000,00
150.000,00
Kantong Plastik
Penutup Sampel
2 pack
10.000,00
20.000,00
Stoples kaca
Wadah Sampel
21
25.000,00
525.000,00
Alumunium foil
Pelapis wadah
4 kotak
30.000,00
120.000,00
Mangkuk kecil
Wadah penyajian sampel untuk uji organoleptik
60 pcs
5.000,00
300.000,00
Sendok
Penunjang uji organoleptik
60 pcs
3.000,00
180.000,00
Garpu
Penunjang uji organoleptik
60 pcs
3.000,00
180.000,00
SUB TOTAL (Rp)
3.285.000,00

3.        Perjalanan
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Keterangan
Transportasi
Survei lokasi pembelian akar teratai
2
100.000,00
400.000,00
(Pulang-Pergi)
Transportasi
Perjalanan pembelian alat dan bahan.
2
100.000,00
400.000,00 (Pulang-Pergi)
Pendukung Komunikasi
Memperlancar Komunikasi anggota dan instansi-instansi terkait.
4
100.000,00
400.000,00
SUB TOTAL (Rp)
1.200.000,00

4.      Lain – lain
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Keterangan
Foto Copy Laporan
Hardcopy untuk Dosen pembimbing dan pihak kemahasiswaan rektorat.
6 Eksemplar
30.000,00
180.000,00
Kertas A4
Media pembuatan laporan, poster dan kuisioner panelis
5 Rim
45.000,00
225.000,00
Tinta
Bahan pendukung PKM
4
50.000,00
200.000,00
CD
Penyimpanan File
4
15.000,00
60.000,00
Flashdisk
Penyimpanan File
1
140.000,00
140.000,00
Printer
Alat print
1
1.000.000,00
1.000.000,00
SUB TOTAL (Rp)
1.805.000,00
Total (Keseluruhan)
Rp.7.920.000,00




















Lampiran 3
SUSUNAN ORGANISASI TIM PENELITI DAN PEMBAGIAN TUGAS

No
Nama/NIM
Program Studi
Bidang Ilmu
Alokasi Waktu (jam/minggu)
Uraian Tugas
1
Reski Pratama/E1G011003
TIP
Teknologi Industri Pertanian
7
-  Koordinator Pelaksana PKM.
-  Perencana & Evaluasi Kegiatan PKM.
-  Pelaksana Kegiatan PKM.
-  Melaksanakan Kegiatan PKM bersama.
-  Pembelian alat dan bahan.
2
Tanaka Linggawan A Arpan/ E1J012055
Agroekoteknologi

7
-  Mencatat seluruh kegiatan selama PKM berlangsung.
-  Pelaksana Kegiatan PKM.
-  Melaksanakan Kegiatan PKM bersama.
-  Pembelian alat dan bahan.
3
Rahmadani/ E1J011010
Agroekoteknologi

7
-  Mengatur Keuangan.
-  Pelaksana Kegiatan PKM.
-  Melaksanakan Kegiatan PKM bersama.
-  Pembelian alat dan bahan.
4
Arrofath Munawar/ E1G013044
TIP
Teknologi Industri Pertanian
7
-  Pembelian alat dan bahan.
-  Pelaksana Kegiatan PKM.
-  Melaksanakan Kegiatan PKM bersama.
-  Dokumentasi.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DANKEBUDAYAAN
UNIVERSITAS BENGKULU
Jalan WR. Supratman Kandang Limun Bengkulu 38371 A
Telepon (0736) 21170, 21884 Faksimile (0736) 22105
Laman : www.unib.ac.id   e-mail : rektorat@unib.ac.id

SURAT PERNYATAAN KETUA PENELITI/PELAKSANA

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama               : Reski Pratama
NIM                : E1G011003
Program Studi : Teknologi Industri Pertanian
Fakultas           : PERTANIAN

Dengan ini menyatakan bahwa usulan (PKM PENELITIAN) saya dengan judul: “Kajian Pembuatan Pikel Asin Akar Lotus (Nelumbo nucifera)Dalam Kemasan Untuk Meningkatkan Nilai Jual Sumber Daya Alam Lokalyang diusulkan untuk tahun anggaran 2014bersifat original dan belum pernah dibiayaioleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka sayabersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikanseluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.




No comments:

Post a Comment